Senin, 31 Oktober 2011

Arti Lagu Dear God by Avenged Sevenfold

" Even a song can change
your life..", anonymous.
Jadi begini (begitu juga
boleh), sebelum saya
dengar lagunya Avenged
yang berjudul " Dear God
", saya nggak pernah suka
sama lagu yang terlalu
ngerock, seperti lagunya
Bring Me The Horizon
atau Slipknot yang hampir
di setiap lagu mereka,
sang vokalis melakukan
srcreaming (teriakan),
paling pol saya denger
lagunya Green Day, MCR,
atau Yellowcard.
Teman saya, yang
kebetulan waktu itu
berprofesi sebagai
seorang vokalis pernah
mengalami pengalaman
buruk waktu nyoba
nyanyiin lagunya BMTH.
Dia dibalang stik drum
oleh sang drummer yang
kesal gara-gara dia nggak
kuat waktu nyecream.
Yah, maklumlah, band
teman saya itu aliranya
heavy metal, tetapi teman
saya yang vokalis itu
alirannya heavy metal
dalam tanda kutip alias
"heavy-mellow totall",
dirumah aja dia nyanyinya
lagu-lagu keroncong,
dangdut, paling parah
kosyidahan.
Setelah dengar lagu Dear
God, itu merubah persepsi
saya
, bahwa band-band rock
nggak selalu lagunya bikin
telinga budeg.
Contohnya ya itu tadi,
Avenged Sevenfold yang
setahu saya banyak
membawa tema kekerasan
dalam lagu-lagu mereka,
dan selalu bermain keras
pada alat musik mereka,
seperti Turn the Other
Way, Thick and Thin,
Eternal Rest, dkk, ternyata
bisa menciptakan lagu
sekalem Dear God,
Warmness on the Soul, I
Won't See You Toninght
(part 1), dan Seize the
Day, meskipun ada sedikit
unsur musik rock seperti
distorsi (karena memang
bawaannya mereka adalah
grup musik rock), masih
bisa dibilang kalem kalau
dibandingkan dengan
lagu-lagu mereka yang
lain. Ini membuat saya
mulai menyukai lagu-lagu
berirama rock.
Salah satu lagu mereka
yang saya suka adalah
Dear God, saat pertama
kali mendengar lagu itu,
saya cuma suka sama
warna musiknya, tapi
setelah saya membaca,
menjiwai, dan mendalami
lirik lagu ini sedalam-
dalamnya (emangnya
sumur), saya jadi bener-
bener suka lagu ini.
Bahkan temen saya yang
nggak sengaja dengar lagu
itu jadi ikut-ikutan suka.
Kalau menurut saya, lagu
Dear God adalah sebuah
doa. Kalau dilihat dari
jadulnya, eh judulnya "
Dear God ", ada orang
yang berpendapat bahwa
Dear God artinya "Tuhan
yang Baik", tetapi saya
lebih berpendapat kalau
Dear God artinya "Ya
Tuhan", atau kalau anda
orang Jogja "Yaa Gustii",
apapun pendapatnya,
minumnya teh botol
nyosro, eh bukan ding :P.
Apapun pendapatnya, bisa
jadi Dear God memang
merupakan sebuah
pengalaman hidup,
ataupun sebuah doa yang
dipanjatkan M. Shadows
kepada Allah SWT (hah,
emangnya M. Shadows
islam ?). Bisa jadi juga!,
lihat namanya, "M.
Shadows", kalau bisa
ditafsirkan secara harfiah,
M. didepan Shadows itu
adalah "Mohammed", jadi
nama lengkapnya
"Mohammed Shadows".
Hahaha, bisa saja saia
ini :D.
Oke, kembali ke jalan
yang benar. Setelah
membaca dan
menterjemahkan lirik lagu
Dear God kedalam bahasa
Indonesia sesuai dengan
EYD, dan dengan gaya
bahasa yang baik dan
saya rasa masih kurang
benar, Dear God
menceritakan tentang
keluh kesah seseorang
kepada tuhannya karena
menyesal telah
meninggalkan sang
kekasih, dan saat dia ingin
kembali lagi kepada
kekasihnya, dia sadar
bahwa hampir mustahil
untuk menemukan
kekasihnya lagi. Akhirnya,
dia pasrah kepada
tuhannya, dan menyadari,
bahwa cinta yang
sesungguhnya adalah
cinta seorang hamba
kepada tuhannya. Hiks,
hiks, jadi kebawa
suasana :') .
Berikut ini saya tuliskan
lirik lagu Dear God yang
telah saya terjemahkan
menurut bahasa saya
sendiri. Perlu
diperhatikan, bahasa
Inggris nggak bisa
seluruhnya diartikan
kedalam bahasa Indonesia
secara literal (kata
perkata), karena terdapat
banyak kiasan, dan kata-
kata yang nggak bisa
diartikan secara
individual, karena artinya
tergantung dari kata-kata
sebelum atau sesudahnya.
Beberapa kata juga
sengaja saya hilangkan
karena maknanya
mengganggu nilai
estehkita, eh Estitika, ah
gatau lah pokoknya itu..
Selamat Membaca.
Ya Tuhan
By: Avenged Sevenfold
Sebuah jalanan sepi, yang
melintasi pinggirian kota
lain yang dingin
Jauh dari sesuatu yang
kucinta, tujuan yang sulit
kudapatkan
Sekilas aku mengenang
kata-kata yang telah kau
ucapkan kepadaku
Tetapi itu tidak bisa
menolongku, tapi hanya
bisa berharap, kalau saat
itu aku ada disana
Kembali ke tempat
dimana yang seharusnya
kucintai, oh yeah..
Ya tuhan, hanya satu hal
yang ku minta dariMu,
yaitu
untuk menjaga dirinya
saat aku tak ada di
sampingnya,
Ketika aku terlalu jauh
darinya
Kami semua
membutuhkan, seseorang
yang benar-benar tulus
setia kepadaMu
Tetapi aku
meninggalkannya, saat
aku menemukannya
Dan sekarang aku
berharap seandainya dulu
aku tetap disana
Karena aku kesepian, dan
aku lelah
Sekarang ku
merindukanMu lagi
Sekali lagi..
Tak ada sesuatu apapun
disini untukku di jalan
yang tandus ini
Tak ada seseorangpun
disini ketika kota terlelap
dan semua toko telah
tutup
Meski tak dapat
menolongku, tetapi ku
tetap berpikir, mengenang
saat-saat kita bersama
Foto-foto dan beberapa
kenangan akan
membuatku merasa tegar,
oh yeah..
Ya tuhan, hanya satu hal
yang ku minta dariMu,
yaitu
untuk menjaga dirinya
saat aku tak ada di
sampingnya,
Ketika aku terlalu jauh
darinya
Kami semua
membutuhkan, seseorang
yang benar-benar tulus
setia kepadaMu
Tetapi aku
meninggalkannya, saat
aku menemukannya
Dan sekarang aku
berharap seandainya dulu
aku tetap disana
Karena aku kesepian, dan
aku lelah
Sekarang ku
merindukanMu lagi
Sekali lagi..
Berkali-kali kucari, tak
pernah menemukan jalan
Tak lama kemudian,
semuanya sia-sia
Aku menemukanmu,
sesuatu berkata kepadaku
untuk bertahan.
Aku menyerah, cara yang
egois
Dan betapa aku
merindukan seseorang
untuk kupeluk
Saat harapan mulai
memudar
Sebuah jalanan sepi, yang
melintasi pinggirian kota
lain yang dingin
Jauh dari sesuatu yang
kucinta, tujuan yang sulit
kudapatkan
Ya tuhan, hanya satu hal
yang ku minta dariMu,
yaitu
untuk menjaga dirinya
saat aku tak ada di
sampingnya,
Ketika aku terlalu jauh
darinya
Kami semua
membutuhkan, seseorang
yang benar-benar tulus
setia kepadaMu
Tetapi aku
meninggalkannya, saat
aku menemukannya
Dan sekarang aku
berharap seandainya dulu
aku tetap disana
Karena aku kesepian, dan
aku lelah
Aku merindukannya lagi
Sekali lagi..
Nah, udah baca kan, anda
bisa menyimpulkan sendiri
makna dari lagu diatas.
Banyak orang orang
menyanyangkan, kenapa
Avenged Sevenfold jarang
membuat lagu-lagu
seperti ini. Padahal kalau
menurut saya (dan
menurut banyak orang
tentunya), lagu-lagu easy-
listening seperti inilah
yang enak didengar,
sehingga bisa diterima
dan dinikmati banyak
orang, yang tua, muda,
laki-laki atau perempuan
juga pada suka, daripada
lagu-lagu ngerock yang
notabene hanya disukai
oleh kita kaum remaja.
Saya sempat dengar kabar
kalau Avenged Sevenfold
akan beganti aliran
menjadi pop pada album
barunya nanti, apa benar?
kalo emang iya, mengapa?
saya juga belum tahu, tapi
mungkin aja mereka ingin
meneruskan perjuangan
Michael Jackon yang wafat
beberapa waktu yang lalu
di dunia musik pop,
hahaha :D .
Akankah Avenged
Sevenfold tetap berjaya
dengan aliran barunya ?
Wallahu'alam.
Kita berharap saja,
semoga dengan aliran
musik apapun yang akan
mereka bawa nanti, pop,
metal, reggae, atau tetap
di rock, yang penting
bukan aliran sesat : D,
mereka akan tetap sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih kang mas mbak yuu yang telah mengunjungi blog saya, jangan lupa komen diatas yaa...